WA CENTER : 0853 7447 0070

HARTA KITA, atau ATAS NAMA KITA ?

 

 

oleh Kamrizal Syafri Adam Lc MA

Rasulullah SAW pernah menyemblih seekor kambing dan dibagi bagi oleh Aisyah pada kaum muslimin, lalu beliau bertanya,: “apakah masih ada daging yang tersisa?”, Aisyah menjawab,:” semua sudah habis di bagi, kecuali yang tersisa hanya sepotong daging pundak,’. Rasulullah SAW bersabda: “justru semuanya tersisa (tetap ada), kecuali sepotong daging pundak ( yang belum di bagi) itu”. (Hadis sahih, riwayat Tirmizi).

Ternyata, zakat yang kita keluarkan, infaq dan sedekah yang kita berikan, harta yang kita donasikan, itulah harta yang bertahan, kekal dan bersisa untuk kita nikmati pahala dan ganjaran nya kelak di akhirat.

Sedangkan harta yang masih ada di tangan dan genggaman, belum tentu kita nikmati, ia bisa hilang, rusak dan hancur. Kalaupun ada yang kita makan, dan kita pakai, itu juga tidak lama dan akan segera hancur juga.

Harta yang sekarang bersama kita, hanya atas nama saja. Jika kita meninggal, maka harta itu akan ganti nama dan berobah kepemilikan.

Tertipulah orang, jika yang ia miliki kebanyakan hanya atas nama saja, sangat sedikit yang benar benar punya dia.

Rugi lah orang kaya yang sedekahnya sedikit, karena ketika ia meninggal kelak, hanya pahala sedekah sedikit yang terima di akhirat, sedangkan harta melimpah yang ia tinggalkan, jadi milik orang yang masih hidup.
Di dunia ia kaya raya, di akhirat ia miskin papa. Di dunia ia memiliki banyak harta, di akhirat ia tak punya apa apa.

Malang lah orang yang enggan zakat, sedekah, infaq, menyantuni, berbagi, dan peduli, padahal ia dalam kemewahan dan kemelimpahan, karena itu artinya ia enggan mentransfer uang untuk kebutuhan akhiratnya.

Yang lebih tragis adalah, ia mati-matian mengumpulkan harta, hanya sedikit yang sempat ia nikmati, dan sebahagian besarnya ia tinggalkan, namun seluruhnya mesti ia pertanggungjawabkan, karena ia yang cari dan ia yang kumpulkan

Kesimpulannya, Harta kita adalah apa yang kita donasikan, bukan apa yang kita kumpulkan.

Harta kita adalah sedekah kita, selebihnya hanyalah atas nama kita..

Allah berfirman: ” dan apa saja (harta) yang kamu infaqkan, itulah yang akan kamu miliki/nikmati..” (Q.S al-Baqarah 272).

#risalahcharity
#sodaqocommunity
#berkahbahagia

[wafm_form id="1" title="Sedekah Online"]